Minggu, September 05, 2010

Saham Perusahaan RI Terus Diborong Asing

Sabtu, 04/09/2010 17:31 WIB
Saham Perusahaan RI Terus Diborong Asing
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Nilai net beli investor asing di pasar saham tercatat mencapai Rp 90 miliar/hari selama bulan Agustus 2010. Maraknya transaksi perdagangan oleh investor asing memberikan kontribusi positif terhadap meningkatnya transaksi perdagangan secara keseluruhan.

Demikian disampaikan BI dalam Tinjauan Kebijakan Moneter yang dikutip detikFinance, Sabtu (4/9/2010).

BI mengatakan, perkembangan kondisi fundamental perekonomian Indonesia memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada bulan Agustus 2010. Meskipun sempat mengalami koreksi pada awal bulan, IHSG kembali menguat selama bulan Agustus 2010 sehingga ditutup pada level 3081,8.

Perkembangan beberapa indikator penting dari sisi makro ekonomi seperti nilai tukar yang relatif stabil, perekonomian yang semakin membaik serta suku bunga yang relatif rendah semakin menambah kepercayaan investor luar negeri khususnya untuk menempatkan dananya di pasar saham.

Dalam perkembangannya, IHSG menguat 0,41% dan mampu mencapai rekor level tertinggi di level 3.145,13. Dari sisi mikro emiten, fundamental emiten masih cukup terjaga.

Hal tersebut di antaranya tercermin pada laporan keuangan semester I-2010 beberapa emiten yang menunjukkan perolehan keuntungan yang cukup tinggi.

Selain itu, kinerja emiten yang cukup baik juga tercermin pada indikator Return On Asset (ROA) di beberapa sektor yang menunjukkan peningkatan. Pembagian dividen oleh beberapa emiten juga merupakan indikator masih cukup kuatnya fundamental emiten 2010.

Kondusifnya perekonomian Indonesia mendorong investor asing untuk terus menanamkan modalnya di pasar saham Indonesia. Kepercayaan investor asing terus tumbuh sebagaimana tercermin pada transaksi asing yang selalu mencatat beli neto pada 3 (tiga) bulan terakhir.

"Maraknya transaksi perdagangan oleh investor asing memberikan kontribusi positif terhadap meningkatnya transaksi perdagangan secara keseluruhan. Transaksi perdagangan saham selama bulan Agustus 2010 tercatat sebesar Rp 2,5 triliun per hari dengan rata-rata saham yang ditransaksikan sebesar 4 miliar saham per hari," tutur laporan tersebut.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar