Minggu, September 05, 2010

Holcim Operasikan Pabrik Baru US$ 450 Juta di 2013

Minggu, 05/09/2010 13:32 WIB
Holcim Operasikan Pabrik Baru US$ 450 Juta di 2013
Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance


(Foto: Dok detikFinance)
Jakarta - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) menargetkan pabrik semen senilai US$ 450 juta di Tuban ditargetkan akan beroperasi pada akhir 2013.

Relationship Management Director Holcim Indonesia Rusli Setiawan menyatakan, seluruh perizinan untuk pembangunan pabrik dengan kapastas 1,6 juta ton per tahun ini, sudah diperoleh perseroan sehingga rencananya peletakan batu pertama pabrik tersebut akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

"Mudah-mudahan bisa beroperasi tiga tahun kemudian, yaitu pada akhir 2013," ujar Rusli saat berbincang dengan detikFinance usai acara pelepasan 5.000 ahli bangunan yang ikut mudik bersama Holcim di Parkir timur Senayan, Jakarta, Minggu (5/9/2010).

Rushi berharap, ke depan kehadiran pabrik tersebut dapat meningkatkan penjualan semen perseroan ke pasar domestik. Saat ini, Holcim telah menguasai 15-16% dari total konsumsi semen secara nasional pada tahun ini sebesar 40 juta ton per tahun atau sekitar 6,4-6,5 juta ton per tahun.

"Dengan adanya penambahan kapasitas tersebut, maka suplai kita ke dalam negeri akan bertambah khususnya di wilayah timur," jelasnya.

Saat ini Holcim telah mengoperasikan dua pabtik semen, masing-masing berasda di Narogong, Jawa Barat dan Cilacap Jawa tengah dengan total kapasitas 8,3 juta ton per tahun dengan mempekerjakan lebih dari 2.500 orang pekerja. Di mana seluruh hasil produksi tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan domestik.

"Bagaimanapun hasil produksi kami diutamakan untuk dalam negeri. Kelebihan yang tidak bisa diserap di dalam negeri, baru kita ekspor ke beberapa negara melalui holcim trading. Karena yang namanya semen-kan tidak boleh disimpan lama-lama," jelasnya.

(epi/dro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar