Senin, September 13, 2010

Pemerintah Terbitkan Surat Utang Rp 200 Triliun Lebih di 2011

Rabu, 18/08/2010 15:40 WIB
Pemerintah Terbitkan Surat Utang Rp 200 Triliun Lebih di 2011
Ramdhania El Hida - detikFinance

Jakarta - Untuk membiayai defisit anggaran dan merestrukturisasi utang di tahun 2011, pemerintah berencana untuk menerbitkan surat utang lebih dari Rp 200 triliun baik itu konvensional maupun syariah.

Demikian disampaikan oleh Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (28/8/2010).

"Jumlah gross (SUN/Surat Utang Negara) Rp 200 triliun sekian. Itu karena defisit juga bertambah nominalnya," jelasnya.

Rencana penerbitan ini lebih tinggi dari penerbitan SUN gross tahun ini yang mencapai Rp 175,06 triliun. Menurut Rahmat, secara nominal, kebutuhan penerbitan SUN bertambah karena jumlah PDB Indonesia bertambah. Belum lagi, pemerintah mempunyai keperluan untuk refinancing atau membayar utang lama dengan utang baru.

Jadi SUN gross ini bukan hanya untuk pembiayaan defisit saja, melainkan juga untuk kebutuhan refinancing utang, terutama yang akan atau telah jatuh tempo. Seperti diketahui, di 2011 jumlah defisit anggaran diperkirakan mencapai Rp 115,7 triliun (1,7% dari PDB) seperti disampaikan Presiden SBY dalam pidato Nota Keuangan 2011.

Pada tahun depan, pemerintah akan tetap menerapkan strategi menerbitkan SUN sebanyak-banyaknya di awal tahun untuk mengejar target yang ditetapkan. Selain itu, tahun depan pemerintah juga berencana untuk menerbitkan sukuk global perdananya, jika pasarnya memungkinkan.

"Ya direncanakan (sukuk global), karena orang tidak bisa memastikan. Hanya Tuhan yang bisa memastikan," cetusnya.
(dnl/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar