Kamis, September 01, 2011

Pasca Tsunami, Jepang 'Dipenuhi' Pengangguran

Selasa, 30/08/2011 13:15 WIB
Pasca Tsunami, Jepang 'Dipenuhi' Pengangguran
Wahyu Daniel - detikFinance

Tokyo
- Jumlah angka pengangguran di Jepang meningkat di Juli 2011, atau selama 2 bulan berturut-turut. Selain itu pengeluaran rumah tangga di Jepang menurun. Ini menjadi tantangan bagi Perdana Menteri baru Yoshihiko Noda.

Angka pengangguran di Jepang lebih parah dari perkiraan semula yaitu mencapai 4,7%, naik 0,1% dari bulan sebelumnya. Ini akibat efek bencana alam yang menghantam negara matahari terbit tersebut.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (30/8/2011), pengeluaran rumah tangga di Jepang turun 2,1% di Juli menjadi 280.046 yen (US$ 3.642) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini masih terkait dampak bencana alam yang terjadi Maret lalu.

Yoshihiko Noda pada hari ini telah ditunjuk menjadi Perdana Menteri keenam Jepang, dia harus mempercepat pemulihan Jepang pasca bencana gempa bumi dan Tsunami, serta krisis nuklir di negara tersebut.

Para analis menyatakan, Noda harus mengamankan perekonomian Jepang pasca krisis dan membangun kembali perekonomian, serta mencegah penguatan yen yang berlebihan.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar