Kamis, September 01, 2011

Ini Dia 10 Maskapai Teraman di Dunia

Selasa, 30/08/2011 12:05 WIB
Ini Dia 10 Maskapai Teraman di Dunia
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Lembaga pemeringkat maskapai dunia yaitu Air Transport Rating Agency (ATRA) mengumumkan 10 peringkat teratas maskapai teraman di dunia. Kesepuluh maskapai tersebut berasal dari Eropa, AS, dan Jepang.

Dalam rilis ATRA yang dikutip dari AFP, Selasa (30/8/2011), tiga maskapai teraman di Eropa adalah Air France-KLM, British Airways, dan Lufthansa.

Kemudian ada enam maskapai teraman dari AS yaitu AMR Corporation, Continental Airlines, Delta Airlines, Southwest Airlines, United Airlines, dan US Airways. Lalu yang terakhir adalah dari Asia yakni Japan Airlines.

Penilaian untuk peringkat ini dilakukan ATRA dengan memeriksa informasi publik yang tersedia dalam 15 kriteria, seperti rata-rata umur pesawat yang digunakan maskapai, dan homogenitas armadanya.

ATRA menyatakan, untuk menilai keamanan maskapai, tidak bisa hanya dilihat dari data kecelakaan saja, tapi juga dari sisi teknis, tenaga pekerja, serta organisasinya.

"Meskipun Uni Eropa menerbitkan 'daftar hitam' maskapai penerbangan berbahaya, namun terdapat perbedaan nyata dalam keselamatan pada perusahaan penerbangan lain.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar