Jumat, September 16, 2011

CSIS Minta Pemerintah Waspada Krisis di AS & Eropa

Selasa, 13/09/2011 11:35 WIB
CSIS Minta Pemerintah Waspada Krisis di AS & Eropa  
Herdaru Purnomo - detikFinance 

Foto: dok.detikFinance
Jakarta - Terjadinya krisis di AS dan Eropa berbanding terbalik terhadap apa yang terjadi di Asia. Negara seperti China, India, serta Indonesia masuk dalam negara yang pertumbuhan ekonominya cukup tinggi di tengah anjloknya negara-negara AS dan Eropa.
Apa yang terjadi saat ini merupakan ketidakseimbangan global yang justru membahayakan negara dengan pertumbuhan positif.

Centre For Strategic and International Studies (CSIS) memandang ketidakseimbangan global yang tengah terjadi saat ini sebenarnya bukan sebuah hal yang fenomenal.

"Tetapi yang jadi masalah adalah ketika ketidakseimbangan ini tidak bisa dikendalikan di mana menjadi gap besar. Ini memicu krisis," ungkap Peneliti Senior CSIS Haryo Aswicahyono dalam sebuah seminar mengenai ketahanan industri perbankan di Kantornya, Palmerah, Jakarta, Selasa (19/9/2011).

Apa yang terjadi saat ini, menurut Haryo beberapa negara di wilayah Asia terjadi peningkatan surplus neraca berjalan secara tajam. Tetapi kemudian sebaliknya di AS dan Eropa terjadi defisit.

"Ini ada dua pihak, ada yang surplus dan ada yang krisis. Pihak yang ingin keluar dari krisis pasti ingin melakukanadjustment untuk keluar dari krisisnya melalui beberapa langkah," terangnya.

"Negara tidak bisa terus menerus defisit, apalagi secara masif seperti AS," imbuh Haryo.

Oleh karena itu, Haryo mengatakan perlu diwaspadai langkah-langkah negara yang krisis dengan stimulusnya. Hal ini akan menyebabkan dana para investor yang 'parkir' di negara berkembang yang terbebas dari krisis berpindah.

"Ini akan segera terjadi di mana proses adjustment tersebut akan dilakukan. China, India dan Indonesia harus siap," tegasnya.

CSIS memandang krisis bisa terjadi kapanpun dan perlu diwaspadai bagaimana krisis akan terjadi melalui pasar saham.


(dru/dnl) 


http://finance.detik.com/read/2011/09/13/113542/1720990/4/csis-minta-pemerintah-waspada-krisis-di-as-eropa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar