Kamis, April 28, 2011

Panasonic Bakal PHK 40 Ribu Karyawan

Kamis, 28/04/2011 10:01 WIB
Panasonic Bakal PHK 40 Ribu Karyawan
Wahyu Daniel - detikFinance

Foto: Reuters
Jakarta - Perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic, berencana untuk mengurangi 40 ribu pekerjanya dalam dua tahun ke depan, terutama para karyawannya di luar Jepang.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (28/4/2011), perusahaan yang berbasis di Osaka ini mengumumkan rencananya untuk mengurangi sekitar 10% dari seluruh pekerja yang dimilikinya. Ini merupakan salah satu rencana bisnis yang bakal dilakukan perusahaan tersebut.

Rencana ini merupakan bagian dari usaha Panasonik untuk merampingkan operasi bisnisnya yang tumpang tindih antara pekerja di Panasonis Electric Works dan Sanyo Electric, yang pada 1 April ini disatukan unitnya setelah dilakukan merger.

Selain itu, Panasonic juga menawarkan pensiun dini secara sukarela kepada para pekerjanya mulai April 2012, terutama pada untuk karyawan di luar Jepang.

Seperti diketahui, sebelum merger, Panasonic memiliki 220 ribu karyawan di Panasonic Electric Works. Dari jumlah itu, sebanyak 60 ribu bekerja di Panasonic Electric Works dan 100 ribu di Sanyo.

Panasonic saat ini mengharapkan kinerjanya membaik, meskipun laba bersihnya bakal menurun 30% di tahun berjalan ini. Penurunan laba ini belum memperhitungan dampak dari bencana gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu.
(dnl/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar