Senin, Maret 15, 2010

Pertama dalam Sejarah, Penjualan Microsoft Anjlok

Jumat, 24/04/2009 10:31 WIB

Pertama dalam Sejarah, Penjualan Microsoft Anjlok
Fino Yurio Kristo - detikinet

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Krisis ekonomi global belum berhenti mengoyak penghasilan perusahaan-perusahaan besar. Kali ini, raksasa software Microsoft melaporkan bahwa penjualan produknya dalam 3 bulan pertama tahun 2009 anjlok 6 persen dibanding tahun lalu.

Dikutip detikINET dari BBC, Jumat (24/4/2009), inilah penurunan penghasilan kuartal pertama yang menimpa Microsoft dalam sejarah 23 tahun usianya sebagai perusahaan publik.

Produsen software terbesar di dunia ini memaparkan jumlah keuntungannya turun 32 persen menjadi US$ 2,98 miliar. Adapun hasil penjualan merosot menjadi US$ 13,65 miliar.

Keuntungan terbesar datang dari larisnya produk sistem operasi Windows dan juga software bisnis. Akan tetapi seiring krisis ekonomi global, permintaan terhadap komputer personal kian menurun sehingga berpengaruh pada Microsoft.

Bahkan, Chris Liddell selaku Chief Financial Officer Microsoft menyatakan prospek bisnis pada kuartal mendatang kemungkinan juga belum sesuai dengan harapan.

Mengantisipasi hal tersebut, Microsoft yang jadi perusahaan publik di tahun 1986 terus mencari jalan untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan PHK pada karyawan yang telah terealisasi beberapa waktu yang lalu. ( fyk / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar