Senin, Februari 08, 2010

Izin Seluler Operator Terancam Dicabut

Jumat, 05/02/2010 15:01 WIB

Izin Seluler Operator Terancam Dicabut
Achmad Rouzni Noor II - detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta - Sejumlah operator telekomunikasi diancam akan dicabut izin penyelenggaraan selulernya karena dianggap telah melecehkan kebijakan yang ditetapkan regulator.

Ancaman pencabutan izin ini keluar dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang menilai operator masih bandel tak mau memenuhi larangan untuk menghentikan program SMS gratis lintas operator (off-net).

"Sanksinya, minimal kami akan melaporkan masalah ini kepada KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) dan maksimal mencabut ijin penyelenggaraan seluler operator," kata Anggota Komite BRTI M Ridwan Effendi, kepada detikINET, Jumat (5/2/2010).

BRTI sendiri rencananya akan memanggil operator yang dinilai masih melanggar aturan yang diperingatkan berulang kali sejak awal tahun lalu. "Kami akan panggil Indosat karena masih bandel ngasih SMS gratis off-net," kata Ridwan.

Ia tak memungkiri Indosat bukan satu-satunya operator yang masih mangkir dalam memenuhi larangan regulator. Meski demikian, Ridwan menyoroti dan menilai anak perusahaan Qatar Telecom itu yang menjadi pemicu atas berlangsungnya masalah ini.

"Masalahnya ini benar-benar berdampak sistemik. Operator lain akan ikut-ikutan. Regulator dilecehkan," ketus Ridwan. "Operator lain juga akan kita monitor," pungkasnya tanpa ada pernyataan akan memanggil operator selain Indosat.

Menanggapi masalah ini, Chief Marketing Officer Indosat Guntur Siboro, menyatakan akan mengikuti aturan yang ditetapkan regulator. "Kita akan comply dengan peraturan yang dikeluarkan. Tahun lalu kita comply dengan himbauan, eh (operator) yang lain nggak," sindirnya.

Sebelumnya diberitakan, ada beberapa operator yang dicurigai oleh regulator masih melanggar aturan soal SMS off-net dengan tarif nol rupiah. Selain Indosat ada juga Telkomsel, XL Axiata, Natrindo Telepon Seluler (Axis), dan Hutchison CP Telecom (Tri/3).

Telkomsel yang dituding sebagai pelapor utama kasus ini oleh operator lainnya, telah paling awal menghentikan program SMS gratis off-net ini, di minggu awal Januari 2010. Sementara XL menyatakan telah menghentikannya per 31 Januari lalu. Sedangkan Axis dan Tri masih belum memberi konfirmasi terbaru.

( rou / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar