Kamis, Februari 04, 2010

BPS: Kemiskinan Terancam Meningkat di Kuartal I-2010

Rabu, 03/02/2010 21:53 WIB
BPS: Kemiskinan Terancam Meningkat di Kuartal I-2010
Herdaru Purnomo - detikFinance


Jakarta - Lonjakan harga yang tercermin dari peningkatan laju inflasi pada Januari 2010 sebesar 0,84% mengancam peningkatan kemiskinan sepanjang kuartal I-2010.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, sepanjang 2009 tingkat angka kemiskinan relatif terjaga karena harga-harga yang tidak bergejolak. Ini harus terus dijaga sampai Maret 2010 dimana merupakan batas waktu yang dipakai untuk penghitungan angka kemiskinan.

"Sampai Desember 2009 kemarin harga-harga tidak bergejolak tinggi, beras segala macam karena selama setahun inflasinya hanya 2,78%. Nah padahal angka kemiskinan itu dihitung nanti sampai Maret 2010. Kalau harga Februari dan Maret ini tidak terkendalikan seolah-olah percuma saja itu, karena nanti garis kemiskinan akan naik," tuturnya saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2010).

Rusman mengatakan, data inflasi dan lonjakan harga di Januari 2010 memang cukup mengejutkan. Karena itu pemerintah harus bisa menekan lonjakan harga pada bulan Februari dan Maret 2010.

Menurut Rusman, angka kemiskinan akan meningkat bila garis kemiskinan meningkat lebih tajam dari pada nominal tambahan pendapatan masyarakat.

Untuk sementara ini, lanjut Rusman, langkah pemerintah sudah cukup bagus dengan memberikan sinyal tidak akan menaikkan harga BBM dan tarif listrik sehingga bisa mengendalikan perilaku konsumen.

Rusman memperkirakan laju inflasi pada bulan Februari dan Maret tidak setinggi Januari, karena harga beras diperkirakan akan turun memasuki musim panen. Di sisi lain, adanya tambahan suplai gula melalui impor yang terealisasi di bulan ini, akan menekan harga gula.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar