Sabtu, Juli 02, 2011

IMF peringatkan betapa rapuhnya perekonomian AS saat ini

Kamis, 30 Juni 2011 | 14:47 oleh Rizki Caturini , Sumber : BBC
KRISIS EKONOMI DUNIA
IMF peringatkan betapa rapuhnya perekonomian AS saat ini

NEW YORK. International Monetary Fund (IMF) memperingatkan bahwa utang yang dimiliki AS saat ini bukan masalah yang akan berkelanjutan. Namun, AS harus sangat berhati-hati melangkah dalam pemulihan ekonomi yang saat ini masih sangat rapuh.

IMF melaporkan, prediksi pertumbuhan ekonomi AS tahun ini sebesar 2,5% dan sebesar 2,7% di 2012. Angka ini berada di bawah perkiraan pertumbuhan ekonomi AS dari The Fed yang sebesar 3,3% di tahun depan.

Defisit anggaran AS diproyeksikan mencapai US$ 1,4 triliun tahun ini, di atas defisit tahun lalu yang sebesar US$ 1,29 triliun. Namun, angka ini masih tipis di bawah defisit anggaran AS pada 2009 yang sebesar US$ 1,41 triliun.

Dalam evaluasi ekonomi tahunan AS, IMF mendesak Washington untuk mencapai kesepakatan untuk menaikkan batas pinjaman pemerintah.

Pemerintahan Barack Obama dan kongres saat ini masih mengalami kebuntuan dalam negosiasi pemotongan anggaran sebelum persetujuan untuk meningkatkan plafon utang pemerintah.

Utang AS saat ini sudah mencapai batas yakni sebesar US$ 14,3 triliun. Negara ini harus segera meningkatkan plafon utang sebelum 2 Agustus 2011 untuk menghindari default alias gagal bayar.

IMF mengatakan, kegagalan mencapai kesepakatan peningkatan plafon utang akan menyebabkan peringkat utang AS menurun dan akan membuat suku bunga bank menanjak.

"Hal ini juga berisiko terhadap global, mengingat peran sentral obligasi Departemen Keuangan AS di pasar keuangan dunia," ujar juru bicara IMF.

http://internasional.kontan.co.id/v2/read/1309420064/71590/IMF-peringatkan-betapa-rapuhnya-perekonomian-AS-saat-ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar