Minggu, Maret 18, 2012

Ini Dia Daftar Kompensasi dari Pemerintah Pasca BBM Naik

Sabtu, 17/03/2012 12:51 WIB
Ini Dia Daftar Kompensasi dari Pemerintah Pasca BBM Naik  
- detikFinance 

Jakarta - Pemerintah menyatakan tidak akan membebankan masyarakat dengan naiknya harga Bahan Bakar minyak (BBM) bersubsi. Untuk itu, pemerintah sudah menyiapkan empat kompensasi yang akan diberikan kepada masyarakat.
Seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia yang dikutipdetikFinance, Sabtu (17/3/2012), ada empat paket kebijakan kompensasi, yaitu pertama, penambahan frekuensi jatah beras untuk rakyat miskin sebanyak dua bulan, menjadi 14 kali per tahun, dari saat ini sebanyak 12 kali per tahun dengan harga tebus Rp 1.600/kilogram.

Sementara yang kedua adalah pemberian bantuan langsung sementara masyarakat berupa dana tunai senilai Rp 150.000/bulan untuk 18,5 juta rumah tangga yang mencakup 30% rumah tangga miskin.

Lalu ketiga, penambahan beasiswa untuk rumah tangga miskin selama 6 bulan, dan terakhir yaitu, kompensasi untuk sektor transportasi sebesar Rp 5 triliun, dengan tujuan agar kenaikan tiket angkutan kelas ekonomi tidak melonjak seiring dengan kenaikan harga BBM dan solar.

Pemerintah memperkirakan kenaikan harga premium dan solar akan diikuti dengan kenaikan harga berbagai komoditas dan biaya transportasi. Namun, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, inflasi akan terjadi dalam jangka waktu sementara saja, beberapa bulan setelah kenaikan harga. 

"Oleh karena itu, Pemerintah memberikan paket-paket kompensasi yang akan mengalir setelah kenaikan harga BBM bersubsidi. Paket-paket ini cukup untuk meredam dampak kenaikan harga premiun dan solar untuk warga dengan tingkat sosial terendah," kata keterangan tertulis tersebut.

Cakupan kompensasi sekarang menjangkau 30% rumah tangga dengan tingkat sosial ekonomi terendah di Indonesia. Secara keseluruhan jumlahnya 18,5 juta rumah tangga.

Setiap rumah tangga akan menerima kompensasi berupa dana tunai senilai Rp 150.000/bulan, selama beberapa bulan setelah kenaikan harga solar dan premium.
(ang/feb) 


http://finance.detik.com/read/2012/03/17/125132/1869849/1034/ini-dia-daftar-kompensasi-dari-pemerintah-pasca-bbm-naik?f990101mainnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar