Sabtu, Juni 04, 2011

Meski Harga Tinggi, Emas Masih Tetap Diburu

Sabtu, 04/06/2011 17:18 WIB
Meski Harga Tinggi, Emas Masih Tetap Diburu
Ade Irawan - detikFinance

Foto: Reuters
Jakarta - Harga emas yang semakin melambung tidak menyurutkan hasrat orang-orang untuk terus memburunya sebagai tempat investasi. Padahal harga emas 24 karat sekarang sudah mencapai sekitar Rp 420 ribu per gram.

Salah satu pedagang emas di pasar Pondok Labu, Doddy Setiawan mengaku, harga emas sekarang sedang naik-turun, tetapi dia memperkirakan harga tersebut akan semakin melonjak.

"Ke depannya akan naik terus, tergantung ekonomilah," katanya kepada detikfinance saat ditemui di tokonya, Jakarta, Sabtu (4/6/2011).

Harga emas pun, kata Doddy, dapat berubah seiring berjalannya waktu, tidak hanya harian, bahkan naik turunnya harga emas dapat terjadi dalam hitungan jam.

"Pasaran per jam, sekarang beda entar sore beda," ujarnya.

Doddy mengungkapkan, harga emas saat ini memang terjadi penurunan, tapi penurunan yang terjadi tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp 10.000 per gram untuk masing-masing jenis dan kadar emas.

"Bulan kemarin bedanya cuma kisaran Rp 10 ribu saja lebih mahal," tuturnya.

Dari pengamatan detikFinance, ada 3 orang pembeli yang membeli emas di toko Doddy. Selain itu, sekitar 4 orang datang ke toko Doddy hanya sekadar melihat dan bertanya harga. Di toko emas lain di Pasar Pondok Labu juga banyak orang yang sedang membeli emas.

Tingginya harga emas diyakini Doddy juga mendorong orang-orang untuk menjual emas dan meraup keuntungan investasinya. Dari pengakuan Doddy, banyal orang yang menjual emasnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada juga yang menjual emas untuk melanjutkan pendidikan anaknya mengingat sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru.

"Pasti ada yang jual emas dalam sehari, ya biasanya ada seorang. Jual emas sampai ada yang Rp 5 juta juga ada. Waktu itu pernah sampai ada 5 surat. Mau duit buat bikin rumah, sama mau kuliah katanya," papar Doddy.

Seperti diketahui, emas perhiasan menjadi juara inflasi di Mei 2011. Kenaikan harga emas dunia terus memicu kenaikan harga emas perhiasan dan ini memicu laju inflasi meskipun bobotnya kecil dibandingkan dengan bahan makanan pokok.

(ade/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar