Rabu, Januari 20, 2010

Suzuki Putus dengan GM

Rabu, 20/01/2010 10:24 WIB

Suzuki Putus dengan GM

Syubhan Akib - detikOto
Gambar
dok Reuters
Tokyo - Suzuki Motor Corp menyatakan akan mengakhiri proyek-proyek pembangunan teknologi hybrid dan teknologi fuel cell dengan General Motors (GM) sebagai efek dari aliansi Suzuki dengan Volkswagen AG.

Suzuki dan Volkswagen bulan lalu mengumumkan akan 'bersekutu'. Volkswagen sendiri saat ini menjadi pemegang saham terbesar di Suzuki dengan persentase hingga 19,9 persen saham.

Sebelum aliansi antara Volkswagen terjadi, Suzuki mengandalkan kerja sama mereka dengan GM untuk membantu mereka dalam mengembangkan teknologi hybrid dan fuel cell.

Nah kerja sama itu akhirnya putus setelah saham Suzuki diambil Volkswagen. Berakhirnya proyek Suzuki dan GM kemungkinan akan segera dilakukan pada bulan Februari mendatang.

"Suzuki secara komprehensif beraliansi dengan Volkswagen. Dalam setiap bidang termasuk hybrid, solar dan mobil listrik, kita akan melaksanakan pembangunan bersama dengan mereka, atau kita akan belajar dari mereka," ujar CEO Osamu Suzuki seperti detikOto kutip dariReuters, Rabu (19/1/2010).

Dan hal itu ternyata tidak hanya berdampak pada hubungan Suzuki dengan GM. Sebab kini Suzuki pun mengaku sedang meninjau ulang hubungan mereka dengan PSA Peugeot Citroen dan Renault SA yang saat ini memasok mesin diesel untuk Suzuki.

Baca Juga: Kongsi VW dan Suzuki Bakal Gusur Toyota?



( syu / ddn )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar